Berita

Membangun Dukungan dan Peran Serta Masyarakat dalam Pembangunan Kesehatan melalui Minilokakarya Lintas Sektor Kecamatan Medan Denai
Selasa, 18 Oktober 2016, 00:00:00 WIB
Kategori: Kegiatan
3494 Kali Di Lihat

Share :      




Dinas Kesehatan Kota Medan,

Medan -

Minilokakarya lintas sektor merupakan suatu kegiatan dalam lingkup manajemen Puskesmas bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan dukungan sektor-sektor yang bersangkutan dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan karena pembangunan tersebut  harus dilakukan secara komprehensif, melibatkan semua unsur pelaksana pembangunan, tidak terkotak-kotak dengan ego sektoral masing-masing. Melalui kegiatan ini program-program kesehatan yang ada bisa berjalan sinergi melalui kerjasama kemitraan dengan pembagian tugas dan peran di berbagai sektor untuk memudahkan pencapaian yang sudah ditargetkan bersama.

Pada hari Selasa, 27 September 2016, Puskesmas se-Kecamatan Medan Denai yang terdiri dari Puskesmas Medan Denai, Puskesmas Tegal Sari, Puskesmas Bromo dan Puskesmas Desa Binjai secara bersama mengadakan kegiatan “Minilokakarya Lintas Sektor se-Kecamatan Medan Denai sekaligus Penggalangan Komitmen Lintas Sektor utk Maju Akreditasi Puskesmas 2017” di Aula kantor Lurah Denai, jl. Pamglima Denai, Medan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, drg. Hj. Usma Polita Nst, M.Kes dengan tim Dinas Kesehatan lainnya, Masrita, M.Kes (Kabid PMK), Roida S, M.Kes, dr. Zairul, Tim Pendamping Akreditasi Puskesmas (drg. Sufania dan Novi, SKM), Kepala Puskesmas se-kecamatan Medan Denai (dr. Budi Ikhsan, Dr. Tuti Sumarni, MARS, dr. Ernasari Hsbn, M.Kes dan dr. Fera M) . Turut serta Camat Medan Denai, Hendra Asmilan beserta unsur Muspika Kecamatan Medan Denai seperti Kapolsekta Medan Area, Danramil, Lurah se Kecamatan Medan Denai,  Kacabdis Pendidikan Medan Denai, KUA Medan Denai, MUI Medan Denai, PLKB, Karang Taruna beserta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat lainnya.

Minilokakarya tersebut membahas masalah-masalah penting yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat seperti Sosialisasi masalah penyakit infeksi Zika, Implementasi Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) No. 3 Tahun 2014, Akreditasi Puskesmas dan diskusi tanya jawab permasalahan-permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat serta diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama lintas sektor  mendukung akreditasi Puskesmas tahun 2017.